fbpx
6 gejala stroke iskemik

Kenali 6 Gejala Stroke Iskemik dan Penyebabnya

Stroke iskemik ialah satu dari tiga jenis stroke yang paling banyak diderita masyarakat Indoneisa. Kami mengambil info ini dari Mayo Clinic, stroke iskemik terjadi pada saat ada penyumbatan pada pembuluh darah di otak. Sehingga akibat yang terjadi yaitu pasokan darah ke otak jadi terhambat.

Penyumbatan pada pembuluh darah di dalam otak ini bisa menyebabkan kerusakan sel-sel otak. Bila tidak segera ditangani, stroke iskemik bisa menyebabkan kerusakan otak permanen.

Berikut penjelasan lebih lanjut terkait gejala, penyebab, dan pengobatan stroke iskemik.

Kenali 6 Gejala Stroke Iskemik dan Penyebabnya
credit hallodok

Gejala stroke iskemik

Gejala stroke iskemik tergantung pada bagian pembuluh darah otak yang tersumbat. Sehingga setiap orang bisa mengalami reaksi yang berbeda-beda.

Dilansir dari Hellosehat, ada 11 gejala stroke iskemik yang umum dirasakan penderitanya, yaitu:

  1. Mengalami kelumpuhan atau rasa kebas di sebagian tubuh, terutama pada wajah dan salah satu tangan dan kaki
  2. Kesulitan berbicara
  3. Sulit mengendalikan gerakan mata
  4. Kesulitan melihat dengan kedua mata
  5. Kesulitan berjalan
  6. Sulit mengkoordinasi gerakan tubuh
  7. Kehilangan keseimbangan
  8. Pernapasan tidak teratur
  9. Hilang kesadaran
  10. Sakit kepala
  11. Muntah

Begitu ada tanda atau gejala sakit stroke iskemik muncul, segera bawa ke rumah sakit agar komplikasi penyakit bisa dicegah lebih dini. Terkadang ada penderita yang mengalami stroke iskemik ringan.

Kondisi ini membuat gejala stroke hanya muncul sesaat dan segera sembuh dengan sendirinya.

Penting untuk diingat bahwa gejala stroke iskemik umumnya muncul dengan cepat dan dapat berlangsung dalam beberapa menit hingga hitungan jam. Oleh sebab itu tetap melarikan diri ke rumah sakit agar penanganan lebih cepat.

Penyebab stroke iskemik

Sakit stroke iskemik ini terjadi ketika pembuluh darah arteri yang memasok darah ke otak tersumbat. Penyumbatan dapat berasal dari gumpalan darah atau penumpukan lemak yang dikenal sebagai plak baca penjelasannya berikut ini:

Gumpalan darah

Gumpalan darah penyebab stroke biasanya bermula dari pembuluh darah di jantung, lalu berjalan melalui sistem peredaran darah. Gumpalan ini bisa pecah dengan sendirinya, atau terkadang tersangkut di pembuluh darah arteri. Ketika tersangkut dan menyumbat arteri otak, otak bisa kekurangan darah atau oksigen. Apabila tidak segera ditangani, sel-sel otak bisa mati.

Penumpukan lemak atau plak

Stroke iskemik yang disebabkan penumpukan lemak terjadi ketika plak terlepas dari pembuluh darah arteri dan berpindah ke otak/ Selain itu, plak juga dapat menumpuk di pembuluh darah arteri yang memasok darah ke otak. Kondisi tersebut bisa mempersempit pembuluh darah arteri dan menyebabkan serangan stroke.

Penyebab lainnya

Untuk kasus yang lebih parah, penyebab stroke iskemik bisa berasal dari serangan jantung atau keracunan karbon monoksida. Kondisi ini bisa membuat aliran oksigen ke otak sangat berkurang atau terhenti sama sekali.

Risiko terkena stroke iskemik meningkat apabila saat ini Anda memiliki tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, aterosklerosis, fibrilasi atrium, masalah pembekuan darah, anemia sel sabit, atau pernah serangan jantung. Gaya hidup tidak sehat seperti diabetes, merokok, perut buncit, kelebihan berat badan, konsumsi alkohol berlebihan, dan pengguna narkoba juga meningkatkan risiko stroke iskemik.

Mengenali gejala stroke iskemik dan penyebabnya bisa meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit ini. Kurangi faktor risikonya dengan gaya hidup sehat.

Testi Kesembuhan

Klik Di sini untuk KONSULTASI KESEHATAN dan ORDER OBAT STROKE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *