fbpx
6 cara menurunkan tekanan darah tinggi

6 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Sangat penting menurunkan tekanan darah bila tekanan darahnya melebihi angka 130/80 mmHg. Ada beberapa cara untuk menurunkan tekanan darah, seperti menjalani gaya hidup sehat, diet khusus, tidak berlebihan mengkonsumsi makanan mengandung garam hingga mengonsumsi obat-obatan.

Angka tekanan darah normal adalah sekitar 120/80 mmHg atau sedikit lebih rendah. Jika tekanan darah seseorang angkanya melebihi di atas, maka ia dikatakan mengalami peningkatan tekanan darah. Dan bila tekanan darah meningkat hingga lebih dari 130/80 mmHg, maka kondisi ini disebut tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, mengelola atau menurunkan tekanan darah bukanlah hal yang mustahil. Tetapi jika hipertensi disebabkan oleh suatu penyakit, maka penyakit tersebut perlu diobati dulu ke dokter.

6 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Di bawah berikut ini adalah beberapa langkah mudah untuk membantu menurunkan tekanan darah:

1. Segera turunkan berat badan menjadi Ideal

Kelebihan berat badan dapat membuat jantung bekerja lebih keras dan mengakibatkan hipertensi. Oleh karena itu, dengan cara turunkan berat tubuh bisa efektif dalam mengendalikan dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Jika Anda memiliki berat badan berlebih atau obesitas sangat disarankan untuk menurunkan berat badan hingga mencapai berat badan yang ideal.

2. Menjalani pola makan sehat

Mengonsumsi makanan sehat, seperti biji-bijian utuh, buah-buahan, sayuran, dan produk olahan susu rendah lemak, serta mengurangi asupan lemak jenuh dan kolesterol dapat membantu menurunkan hipertensi.

Selain itu, jangan lupa juga untuk memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung kalium, seperti pisang, kentang, jeruk, wortel, anggur, dan bayam. Kalium merupakan salah satu nutrisi yang mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Rekomendasi asupan kalium yang perlu dicukupi tiap harinya adalah sekitar 4500-4700 mg.

3. Membatasi konsumsi garam

Sodium (natrium) banyak terkandung dalam garam, baik itu garam pada masakan, camilan, makanan kaleng, maupun minuman ringan. Jika jumlah sodium di dalam tubuh berlebihan, maka hal ini bisa meningkatkan tekanan darah.

Oleh karena itu, penderita hipertensi dianjurkan untuk mengurangi konsumsi makanan yang mengandung garam atau menjalani diet rendah garam. Perlu diketahui bahwa orang dewasa hanya dianjurkan untuk mengonsumsi sodium sebanyak 1500-2000 mg per hari.

4. Rutin berolahraga

Rutin berolahraga bisa menjadi cara menunkan tekanan darah tinggi yang efektif. Ini adalah cara terhemat dan mudah untuk dilakukan. Olahraga yang disarankan untuk mengurangi tekanan darah adalah olahraga yang dilakukan selama 30-60 menit, sebanyak 3-5 kali dalam seminggu. Olahraga yang dilakukan secara rutin dan konsisten mampu menurunkan tekanan darah sebanyak 5-8 mmHg.

Berapa contoh olahraga yang baik untuk menurunkan tekanan darah adalah jalan kaki, jogging, bersepeda, senam, dan berenang.

5. Mengurangi stres

Stres yang berkepanjangan atau terlalu sering bisa ikut meningkatkan tekanan darah tubuh. Yuk, kendalikan stres agar tekanan darah tinggi ikut turun. Anda bisa mengendalikannya dengan cara melakukan relaksasi, yoga, meditasi, atau kegiatan yang Anda sukai. Anda juga bisa mencoba terapi reiki untuk mengurangi stres.

6. Berhenti merokok dan konsumsi alkohol

Seorang perokok wajib berhenti merokok dan seorang peminum, wajib berhenti minum-minuman keras agar tekanan darah tidak semakin tinggi. Cara ini terbukti bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Orang yang sering merokok dikatakan lebih berisiko untuk mengalami komplikasi hipertensi, seperti penyakit jantung dan stroke.

Jadi, mari mulai hentikan kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol untuk menurunkan tekanan darah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *